Rabu, 04 Juli 2012

Kalau Anda Punya Masalah, Berbahagialah !!



Mendengar judul diatas mungkin anda bertanya-tanya, apakah saya tidak salah ketika mengatakan hal itu. Anda mungkin berkata ” bukankah lebih berbahagia kalau kita sama sekali tidak punya masalah? ” Kalau demikian, ANDA SALAH BESAR. Dimana ada kehidupan disitu pasti ada permasalahan. Namun tahukah anda bahwa dibalik setiap masalah terkandung suatu peluang emas dan kesempatan yang besar untuk maju. Ada sebuah kata-kata bijak dari Norman Phill yang patut anda renungkan.Dalam bukunya ” You Can If You Think You Can” , ia mengatakan begini :

”apabila Tuhan ingin menghadiahkan sesuatu yang berharga, bagaimanakah ia memberikannya kepada anda? Apakah ia menyampaikan dalam bentuk suatu kiriman yang indah dalam nampan perak?. Tidak. Sebaliknya Tuhan membungkusnya dalam suatu masalah yang pelik. Lalu melihat dari jauh apakah anda sanggup membuka bungkusan yang ruwet itu dan menemukan isinya yang sangat berharga. Bagaikan sebutir mutiara yang mahal harganya yang tersembunyi dalam kulit kerang ”.

Pernyataan tersebut bukanlah sekedar kata-kata yang indah untuk menghibur anda yang sedang kalut menghadapi suatu masalah. Ini adalah perubahan paradigma dan perubahan   cara berfikir. Keadaan apapun yang kita hadapi sebenarnya bersifat netral. Kitalah yang memberikan lebel positif atau lebel negatif terhadapnya. Peristiwanya sendiri sebetulnya tidak begitu penting. Tetapi respon kita terhadap peristiwa itu adalah segala-galanya.

Semua kesulitan sesungguhnya merupakan kesempatan bagi jiwa kita untuk tumbuh. Sayangnya lebih banyak orang yang mengganggap masalah sebagai sesuatu yang harus di hindari. Mereka tidak mampu melihat betapa mahalnya mutiara yang terkandung dalam setiap masalah. Ibarat mendaki gunung, ada orang yang gampang menyerah, mereka mundur teratur dan menolak kesempatan yang berikan oleh gunung. 

Ada orang yang gampang puas yang mendaki sampai ketinggian tertentu kemudian mengakhiri pendakiannya dan mencari tempat yang nyaman untuk berkemah dan beristirahat. Mereka hanya mencapai sedikit kesuksesan. Tapi sudah merasa puas dengan hal itu. Orang ketiga adalah orang yang seumur hidupnya melakukan pendakian dan tidak pernah membiarkan apapun menghalangi pendakiannya, orang seperti ini senantiasa melihat hidup sebagai ujian dan tantangan ia dapat mencapai puncak gunung karena memiliki mentalitas yang jauh lebih tinggi mengalahkan tingginya gunung. Orang dengan tipe ini benar benar meyakini apa yang pernah dikatakan H. Shock :

” Jangan pernah mengukur tinggi sebuah gunung  sebelum anda mencapai puncaknya karena begitu anda ada puncak anda akan melihat betapa rendahnya gunung itu”.

Semua masalah sebenarnya adalah rahmat terselubung. Mereka berjasa karena dapat membuat kita menjadi lebih baik, lebih bijaksana, lebih arif, lebih sabar.

Anda baru bisa disebut sebagai manager yang baik kalau anda mampu  memimpin seorang bawahan yang sulit yang membuat para manager yang lain angkat tangan.

Anda baru disebut sebagai orang tua yang baik kalau anda dapat menanggani anak yang bermasalah ataupun menantu yang keras kepala yang melakukan sesuatu melebihi batas  kesabaran anda. Anda baru dapat disebut profesional kalau anda mampu menangani pelanggan yang cerewet. Yang sering mengeluh yang banyak maunya.

Untuk mencapai kesuksesan anda perlu memiliki kecerdasan dan daya tahan yang tinggi untuk menghadapi masalah. Hal tersebut dimulai dari mengubah pola fikir dan paradigma anda sendiri. Mulailah melihat semua masalah yang anda hadapi sebagai peluang sebagai kesempatan sebagai rahmat. Anda akan merasa tertantang namun tetap mampu menjalani hidup yang tenang dan damai. Berbahagialah jika anda memiliki masalah. Itu artinya anda sedang hidup dan berkembang. Justru bila anda tidak punya masalah sama sekali, saya sarankan anda segera berdo’a :

” Ya Tuhan, Apakah kau tidak percaya lagi padaku sehingga kau tidak mempercayakan satupun kesulitan untuk aku atasi”.

Dengan do’a demikian anda tak perlu hawatir Tuhan amat mengetahui kemampuan kita masing-masing ia tak akan pernah memberikan suatu beban yang kita tak sanggup memikulnya. Jadi Kalau Anda Punya Masalah, Berbahagialah !.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar